2017/04/03

Peran Penting K3 dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja

Related image

Beberapa masalah kecelakaan yang terjadi ditempat kerja bukanlah jadi rahasia umum lagi. Penyebabnya terjadinya kecelakaan ditempat kerja disebabkan karena ada terbatasnya sarana keselamatan kerja dan adanya kelemahan pemahaman aspek keselamatan yang harus diputuskan perusahaan.

Pemeliharaan keselamatan dan kesehatan kerja beberapa karyawan yaitu hal yang sangat penting untuk di perhatikan oleh setiap perusahaan. Tujuan memerhatikan hal semacam ini yakni untuk kurangi maupun menyingkirkan resiko kecelakaan kerja yang dihadapi oleh beberapa karyawan manfaat meraih keamanan dan kenyamanan kerja dalam mencapai tujuan perusahaan dengan cara efektif dan efisien.

Berdasar pada ketentuan Menteri Tenaga Kerja nomor Per. 05/Men/1996 pasal 2, sebagai tujuan dan tujuan system manajemen keselamatan dan kesehatan kerja adalah membuat suatu system keselamatan dan kesehatan kerja ditempat kerja dengan melibatkan unsure manajemen, tenaga kerja, keadaan dan lingkungan kerja yang terintegrasi dalam rencana menghindar dan kurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja dan terwujudnya tempat kerja yang aman, efektif, dan produktif.

Diciptakannya ketentuan dan undang-undang tentang system manajemen keselamatan dan kesehatan kerja diinginkan akan memberi manfaat yang besar untuk orang-orang umum, terutama untuk beberapa pekerja tersebut. Bukan sekedar itu saja, aplikasi system manajemen keselamatan dan kesehatan kerja pun memiliki manfaat yang besar untuk perusahaan yakni perusahaan akan tidak dirugikan dalam soal aktivitas produksi karena hilangnya beberapa waktu, kerugian material, dan biaya penyembuhan akibat kecelakaan dalam bekerja. Dengan cara moral, pekerja akan merasa aman dan nyaman dalam bekerja, hingga produktivitasnya dalam bekerja pun akan bertambah.

Salah satu usaha melindungi keselamatan dan kesehatan kerja beberapa karyawan yakni dengan sediakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti sepatu safety online sesuai standard.

APD atau Alat Pelindung Diri adalah kelengkapan yang harus digunakan ketika bekerja selesai dengan bahaya dan resiko kerja manfaat melindungi keselamatan pekerja tersebut dan orang yang berada di sekitarnya. Mengenai bentuk dari Alat Pelindung Diri yang disebut adalah seperti berikut ;

1. Safety Helmet 
Alat yang berperan untuk melindungi kepala dari benda yang bisa melukai kepala dengan cara segera.

2. Safety Shoes 
Sepatu safety ini tidak sama dengan sepatu type yang lain. Sepatu ini berperan sebagai alat pengaman untuk melindungi kaki ketika bekerja dari beberapa hal yang dapat melukainya. Sepatu ini terbuat berbahan kulit tebal digabungkan dengan metal, hingga aman dari berbagai benda tajam dan yang lain. Sepatu Safety ada dalam berbagai harga, jenis, dan merk. Beberapa merk sepatu safety yang cukup banyak disukai adalah sepatu Safety krisbow, honeywell, kings, cheetah, safety jogger dan beragam merk yang lain.

3. Sarung Tangan 
Alat ini berperan untuk melindungi tangan ketika bekerja ditempat atau ruang yang dapat mengakibatkan cedera tangan. Bahan dan bentuk dari sarung tangan sesuai pada manfaat semasing pekerjaan tersebut.

4. Safety Harness 
Alat ini berperan sebagai pengaman ketika bekerja di ruang tinggi. Pekerja harus memakai Safety Harness ketika bekerja di ketinggian kian lebih 1, 8 mtr..

5. Ear Plug/Ear Muff 
Alat ini berperan untuk melindungi telinga beberapa pekerja ketika bekerja ditempat yang keluarkan nada bising yang mana dapat mengakibatkan tuli. Ear Plug/Ear Muff dapat menghimpit intensitas hawa yang masuk ke telinga.

6. Safety Glasses 
Alat ini berperan untuk melindungi mata dari partikel kecil, cahaya yang menyilaukan, debu, radiasi danlainnya yang mana dapat berisiko mengakibatkan kebutaan. Bagian pekerjaan yang memakai Safety Glasses ini misalnya seperti pengelasan besi.

7. Respirator 
Manfaat alat ini sebagai penutup hidung dan penyaring hawa yang dihirup pada saat tengah bekerja. Terlebih di ruang yang kwalitas udaranya sangat jelek misalnya beracun maupun berdebu yang mana sangat tidak baik untuk kesehatan terutama untuk paru-paru.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.