2017/04/05

Cara Merawat Berbagai Bahan Sepatu


Related image

Baju yang modis terasa kurang komplit bila tidak diperlengkapi dengan sepatu yang sesuai. Selain jenis sepatu yang makin variasi, bahan yang dipakai untuk bikin sepatu pun berbagai macam. Seperti menjaga kulit, menjaga sepatu pun memiliki cara yang tidak sama tergantung pada berbahan. Simak beberapa tips berikut agar sepatu yang paling disayangi Kamu tetaplah awet.

1. Bahan Suede (Suede Material)

Suede adalah salah satu bahan sepatu safety yang paling popular sekaligus paling banyak dijauhi oleh beberapa pria ataupun wanita. Menjaga sepatu suede memang cukup tricky, bila salah merawatnya sepatu dapat jadi cepat rusak. Bila anda memiliki sepatu suede, belilah sikat sepatu khusus bahan suede untuk menyingkirkan noda di permukaan sepatu. Bila terdapat noda membandel, pakai stain-remover khusus untuk bahan suede.

Bila temukan bercak kotor pada barang memiliki bahan suede anda, janganlah memakai air untuk bersihkan hanya bagian yang memiliki bercak itu tetapi bersihkan semua permukaan benda memakai sikat suede dan sedikit air manfaat menghindar pergantian warna.

Untuk menyingkirkan bercak noda yang memiliki kandungan garam, misalnya dari makanan atau minuman, gunakan sedikit cuka. Bau cuka mungkin akan bertahan selama periode waktu tertentu, namun makin lama akan hilang. Suede sepintas serupa dengan beludru, tetapi nyatanya keduanya adalah bahan yang tidak sama, hingga cara perawatannya pun tidak sama. Kerjakan hal yang sama untuk beberapa barang lain yang memiliki bahan suede, misalnya tas dan aksesori.

2. Nubuck Leather (Kulit Nubuck)

Nubuck leather datang dari kata 'new' dan 'buck' sepintas terlihat serupa dengan suede, tetapi keduanya memiliki struktur yang tidak sama. Nubuck leather memiliki struktur yang lebih halus dari suede. Permukaan Nubuck yang lembut bikin tampilan warnanya lebih solid yang dengan cara penting membuatnya tidak sama dengan sepatu yang mengkilat karena memakai bahan kulit type Full Grain atau Brush-Off. Harganyapun lebih mahal dibanding Suede walau penampilannya hampir sama. Sepatu safety online berbahan nubuck dikira lebih kuat dan awet dari suede karena bahan basic kulit yang dipakai lebih keras daripada suede.

Perawatan paling baik untuk semua type dan jenis sepatu, baik flat ataupun high heels yang memakai bahan Nubuck leather yaitu melakukan mencegah dari peluang terserang kotoran atau noda lewat cara memakai sepatu Nubuck hanya pada saat tertentu di mana tempat tampilan Kamu betul-betul bersih dan terlebih tidak pada musim penghujan.

Cara menjaga sepatu dengan material nubuck leather sama juga dengan sepatu memiliki bahan suede. Sikat dan penyemprotnya pun sama juga dengan suede, hingga bila anda tak perlu beli dua sikat atau penyemprot tidak sama bila memiliki sepatu atau aksesori lain yang memiliki bahan basic nubuck leather dan suede. Pastikan anda betul-betul membaca material basic sepatu yang dibeli dengan lihat info yang umum tercantum pada kotak sepatu.

3. Kulit Asli (Genuine Leather) 

Sepatu memiliki bahan kulit adalah type sepatu paling awet dibanding dengan bahan sepatu yang lain. Bahan kulit untuk sepatu safety jakarta dibedakan jadi dua, yakni kulit asli (genuine leather) dan kulit sintetis (faux leather). Kulit asli atau genuine leather biasanya datang dari kulit hewan seperti sapi, kambing, domba dan babi. Sepintas memang tidaklah terlalu terlihat ketidaksamaan pada kulit asli dengan kulit sintetis. Tetapi, kulit asli memiliki struktur yang merasa lebih kasar ketika dipegang, tidak sama dengan kulit sintetis yang lebih halus dan rata teksturnya. Untuk jenis sepatu kulit alangkah sebaiknya untuk menaruh ditempat yang kering. Ini karena bila ditempat yang lembab sepatu type kulit akan muncul bercak-bercak pada sepatu.

Bila sepatu kulit terserang kotoran, bersihkan dengan kain lembut yang sudah di beri sedikit air. Gosok pada permukaan sepatu yang memiliki serat. Bila terdapat noda membandel, pakai shampo lembut yang di ciptakan khusus untuk bersihkan bahan kulit. Setelah sepatu kering, pakai semir memiliki bahan silikon yang warnanya sama juga dengan sepatu. Semir sepatu khusus kulit ada di beberapa toko sepatu. Pakai cream itu dengan selembar kain yang lembut. Biarlah selama beberapa menit, lalu sikat sampai mengilap dengan kain atau sikat yang lembut. Berikan beberapa tetes air pada kain lap agar mengkilap. Anda dapat juga memberikan semprotan anti air dan anti noda agar sepatu Kamu lebih terlindungi.

4. Kulit Sintetis (Faux Leather) 

Sepatu dan barang lain yang memiliki bahan basic kulit sintetis juga memerlukan perawatan khusus agar tetaplah awet. Bersihkan bahan kulit sintetis dengan sabun khusus kulit. Berikan sedikit air pada kain lap, berikan sabun ke atasnya dan gosok sampai berbusa. Pakai busa pada permukaan sepatu, sembari gosok perlahan-lahan. Basuh busa sampai bersih. Upayakan janganlah ada air yang masuk ke bagian dalam sepatu.

Kulit sintetis yaitu type kulit imitasi yang terbuat berbahan basic kain, yang di proses dengan cara kimia dengan lilin, pewarna, atau polyurethane untuk membuahkan bahan dengan struktur dan warna seperti kulit.

5. Bahan Kanvas (Canvas Material) 

Sepatu memiliki bahan kanvas adalah salah satu fashion item yang harus dipunyai oleh pria dan wanita. Selain nyaman, sepatu kanvas memiliki bahan yang enteng serta sangat kasual hingga pas digunakan untuk bersantai. Cara menjaga sepatu memiliki bahan kanvas memang termasuk susah-susah gampang karena pada intinya sepatu memiliki bahan kanvas ini adalah bahan yang berdaya serap air tinggi, rawan memudar, sobek dan mudah terserang noda membandel. Jenis sepatu dengan bahan kanvas dan denim adalah bahan yang mudah untuk dibersihkan. Biasanya kedua bahan yang dipakai dalam pembuatan sepatu ini tidak mudah kotor.

Bila anda ingin bersihkan sepatu kanvas, sediakan terlebih dulu perlengkapan seperti sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, deterjen dan air hangat. Larutkan deterjen ke air hangat dan sikat sepatu kanvas sampai bersih. Basuh dan jemur pada tempat yg tidak terserang paparan cahaya matahari dengan cara segera. Setalah kering semuanya, tempatkan sepatu di rack atau kardus dengan aliran hawa yang baik agar terlepas dari kelembaban dan tidak ditumbuhi jamur.

6. Bahan Denim atau Jeans 

Bahan denim sesungguhnya nyaris sama dengan bahan kanvas. Bahan ini pun seringkali dipakai untuk bikin sneakers. Cara perawatannya pun sama juga dengan menjaga sepatu kanvas. Anda hanya memerlukan sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, deterjen dan air hangat. Bila bagian dalam sepatu berbau tidak enak, berikan sedikit baking soda kedalam larutan deterjen untuk menyingkirkan aroma itu.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.